Jumat, 02 November 2012

Tingkatkan Kinerja Pc 100% Lebih Cepat

Apakah Komputer kamu terasa berat? atau sering nge-Hang malah komputer sering error, Itu karena komputer kamu butuh di maintenance.

Disini saya akan share beberapa cara yang biasa saya lakukan untuk meng optimasi kinerja pada Pc dengan OS (Windows XP)
1.Tambah kapasitas pagefile atau virtual memory pada pc kamu (Windows XP) Caranya : klik kanan pada My Computer lalu pilih Properties Pilih Advance Pilih Performance klik Setting 

setelah muncul Performance options pilih Advance lalu Cari Virtual memory dan klik change. 
setelah muncul virtual memory Di Drive volume Label Pilih Saja c: lalu perhatikan di paging file size for selected drive Pastikan
Drive:     C:
Space Available :
pilih Custom Size:
di bagian initial size (MB): masukkan nilai yang akan di tambahkan tapi jangan sampai melebihi jumlah pada Maximum size (MB):
Bila jumlah nilai pada pada Maximum size (MB): misalnya 2000MB masukkan nilai pada initial size (MB): yang defaultnya 1000Mb menjadi 18000Mb setelah itu restart Pc.


2.Bersihkan Cache pada memory Pc kamu, bisa menggunakan aplikasi CCleaner aplikasi bersifat gratis namun memiliki kinerja yang sangat baik untuk membersihkan cache pada pc kamu bisa download di sini http://www.piriform.com/ccleaner, instal aplikasi lalu klik kanan pada Recycle bin dan pilih run cleaner dan secara otomatis aplikasi ini akan membersihkan semua sampah di recycle bin maupun yang tersimpan di memory, bersihkan juga sampah di registry caranya klik kanan pada recycle bin lalu pilih open ccleaner setelah itu pilih Registry dan klik scan for issues tunggu beberapa saat setelah proses scan selesai pastikan semua di pilih lalu pilih fix selected isses bila ada peringatan pilih saja no tapi bila kamu khawatir kalo akan terjadi error  kamu pilih yes lalu save backup registry untuk merestore bila kemungkinan akan terjadi error.
setelah itu pilih fix all selected issue untuk menghapus semua sampah.

3.Defrag Pc secara berkala
Fungsi defrag adalah untuk merapikan file-file pada hardisk agar file mudah dibaca ketika dipakai, seperti kita mencari sebuah buku di perpustakaan bila buku-buku itu di tata secara rapih dan secara berurutan maka kita tidak akan lama untuk mendapatkan buku yang kita cari.
caranya pada Start Menu >>  All Programs>>  Accessories>> System Tools lalu pilih Disk Defragmenter setelah muncul pilih drive yang akan di defrag lalu pilih Analyze bila Drive kamu butuh di rapikan maka akan muncul peringatan "you should defragment" this volume lalu pilih Defragment tapi bila muncul peringatan "You do not need to defragment this volume" itu berarti pc kamu tidak perlu di defrag jadi bisa di lewatkan saja pilih saja drive yang butuh di defrag, sebelum di defrag sebaiknya Matikan dulu system restore.
caranya klik kanan my computer >>   properties >>   system restore. pilih turn off system restore on all hard drive kamu bisa mejalankan kembali system Restore setelah proses defrag selesai, dan pastikan jangan menjalankan aplikasi apapun termasuk Antivirus.
lakukan ini secara berkala misalnya dua minggu sekali atau satu bulan sekali.


4.Bila perlu Donwload aplikasi tune up maintenance http://www.tune-up.com fungsinya banyak dan bagus untuk optimasi Pc aplikasi ini bersifat berbayar masa trial 15 hari, gunakan fitur 1 Click Maintenance nya untuk meng Fix Registry yang error.


5.Hapus aplikasi yang tidak perlu, uninstal aplikasi menggunakan aplikasi ccleaner Caranya Klik kanan di recycle bin pilih open cleaner>> Tools Uninstall pilih program yang akan di hapus lalu pilih Run Uninstaller.



Selamat mencoba....
sumber : http://bisakom.blogspot.com/ 
[http://ramsagiga.blogspot.com]
Tingkatkan Kinerja Pc 100% Lebih Cepat Rating: 5 Diposkan Oleh: gbz