Jumat, 02 November 2012

Cara Mengamankan Flashdisk Dari Serangan Virus

Cara Mengamankan Flashdisk Dari Serangan Virus
Saat ini Virus komputer sudah benar-benar canggih dan jumlahnya yang sudah teramat banyak Dengan beragam jenis yang ter-dapat di seluruh dunia ini. Metode-metode yang di jalankan oleh sang Virus itu pun bermacam-macam hingga kita sering dibuat lengah dan tertipu berkali-kali oleh Virus itu, buat orang awam mungkin tidak akan menyadari kalau PC miliknya yang tiba-tiba menjadi berat, laju Pc menjadi tersendat-sendat dan amat mengganggu kita saat mengerjakan sesuatu di sebuah PC.

Dan metode penyebaran virus itu sendiri bermacam-macam dari file yang kita download di internet hingga pada media penyimpanan External seperti Hardisk External, Flashdisk, memory card, dan media-media penyimpanan lainnya.
Saya memang bukan ahli virus tapi saya sering menjumpai media-media penyimpanan saya sendiri ataupun dari teman saya yang di dalam-nya terdapat sebuah virus dan akan menyebar bila di colokkan ke sebuah komputer sehingga saya sedikit tahu cara penanggulangan-nya.. nah Disini saya akan memberikan tips bagaimana cara mencegah virus masuk ke flashdisk, HD external ataupun Memory Card.

Biasa-nya Flashdisk akan terkena file yang mengandung virus setelah flashdisk itu di colokkan ke pc yang telah ter-infeksi virus lalu flashdisk tersebut akan menyebarkan virus tersebut apabila di colok-kan ke Pc lainnya, Dan metode penyebaran-nya salah satunya si virus tersebut akan menanam-kan file autorun.inf dan Folder Recycler terutama virus yang berjenis  W32/RAMNIT dan variant2-nya.
Sebelumnya pastikan dulu flashdisk kamu masih bersih setelah itu buatlah file autorun.inf buat dengan memakai notepad pertama klik kanan New>> Text Document lalu buka notepad tersebut biarkan kosong terus save As pada File name beri nama autorun.inf dan pada Save As Type pilih All Files kemudian Save.

terus buat file bertuliskan Recycler pada flashdisk kamu caranya klik kanan new>> File atau bisa juga memakai notepad seperti cara di atas tapi jangan memakai extesion cukup nama Recycler saja.
Setelah kedua file tadi kita buat lalu buka command prompt ketik start>> run ketikkan cmd, setelah jendela command prompt tampil ketik Drive Flash disk kita misal nya flashdisk kita berada di drive J ketik J: kemudian enter setelah itu ketik attrib +s +r +H autorun.inf  Dan Ketik juga attrib +s +r +H Recycler

Dan kedua file itu Menjadi tersembunyi dan menjadi Read only jadi biasanya virus tidak bisa mengganti dan menulis di kedua file tersebut coba saja kamu buka file autorun.inf lalu ketikkan sesuatu trus save.. atau kamu buat folder dengan nama recycler di flashdisk kamu.. nah jadi virus tidak bisa mengganti ataupun menulis di file-file tersebut.
Tapi file virus nya kemungkinan besar masih bisa tersimpan pada flashdisk kamu, Penanggulangan-nya setelah flashdisk di colok-kan ke Pc di explorer menuju ke menu Tools>> Folder Options lalu ke Tab View lalu cari Hidden Files and Folders pilih Show hidden files and folders, hilang-kan tanda ceklis pada Hide extension for know file types & hide protected operating system files setelah itu klik OK,


sekarang lihat pada Drive Flashdisk kamu bila ada file mencurigakan seperti folder ber extension .exe kemungkinan besar itu sebuah virus Hapus saja tapi hati-hati jangan sampai ter-Double klik bisa-bisa kamu sendiri yang menjalankan virus tersebut klik kanan saja pada file tersebut lalu delete.


Tambahan Nonaktifkan juga fungsi autorun nya caranya Start>> Run dan ketik Regedit kemudian cari tulisan ini HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Policies\Explorer
lalu Klik dua kali pada NoDriveTypeAutoRun dan masukkan angka 95 pada Value Data.

Tapi ini tidak berlaku pada semua jenis Virus karena setiap hari-nya banyak Virus-virus baru bermunculan jadi Tetap selalu waspada... Selamat Mencoba. [http://ramsagiga.blogspot.com]
Cara Mengamankan Flashdisk Dari Serangan Virus Rating: 5 Diposkan Oleh: gbz