Jumat, 02 November 2012

Jalan Paling Maut di Dunia

Sichuan Highways
Di Daerah : Tibet-Cina
jumlah angka kematian yang disebabkan oleh kecelakaan lalu lintas hampir berlipat ganda selama 20 tahun terakhir tercatat dari tahun 1985 sampai tahun 2005, angka ini naik dari 3.9 ke 7.6 dihitung per 100.000 warga. Salah satu penyebabnya tak lain adalah jalan raya Sichuan – Tibet, sebuah jalan yang berada di dataran tinggi antara daerah Chengdu dan Tibet dimana sering terjadi tanah longsor dan longsoran - longsoran batu. Jalan raya itu mempunyai panjang sekitar 2.412 km, mulai dari adaerah Chengdu di Sichuan di sebelah timur dan berakhir di Lhasa, Tibet di sebelah barat.

Jalan itu membentang melalui daerah Ya’an, Garze dan Chamdo, menyelusuri 14 gunung yg dengan ketinggian rata-rata 4.000-5.000 meter di bawah permukaan laut, jalan itu menyeberangi puluhan sungai terkenal seperti sungai Dadu, Jinsha, Lantsang dan Nujiang, jalan itu juga melintasi hutan tua dan begitu banyak sekali bagian - bagian yang amat berbahaya untuk dilewati. Namun dibalik perjalanan mengerikan itu, di sepanjang jalan kita dapat menjumpai pemandangan - pemandangan yang indah dan spektakuler selain itu kita juga banyak menjumpai budaya-budaya etnis yg unik.






Ruta 5
Daerah : Jalan Antara Arica ke Iquique di Chili
Jalan ini terkenal berbahaya, jalan ini melalui lembah-lembah yang amat dalam dan lajur jalan yang amat berkelok-kelok, Selain itu kita akan banyak menjumpai kerangka-kerangka mobil korban kecelakaan di dasar lembah tersebut. terKadang bila anda melewati jalan itu anda akan menyaksikan mobil-mobil dan bis yang melintas dengan kecepatan tinggi, Masyarakat setempatbanyak menganggap mobil-mobil dan bis yang melintas itu adalah hantu dari korban kecelakaan di jalan itu. pemandangan yg sunyi dan terpencil yang amat membosankan di sekitar jalan itu, Pengendara yang akan melewati jalan itu harus benar-benar waspada dan konsentrasi penuh untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak duinginkan.

Ruta 5





Bolivian Road of Death
Daerah : Bolivia
Di daerah Bolivia ada sebuiah jalan yaitu Jalan Yungas Utara, jalan ini juga dikenal sebagai jalan maut, jalan yang membentang sejauh 61 sampai 69 km dari daerah La Paz yaitu ibukota Bolivia menuju Coroico di daerah Amazon tepatnya di kawasan Yungas, Bolivia.
Begitu berbahayanya jalan ini di mata masyarakat yang melewati jalan itu sampai-sampai melegenda ke berbagai pelosok, Pada tahun 1995 "Inter American Development Bank" menyatakan jalan itu sebagai jalan paling berbahaya di dunia.
Diperkirakan 200 sampai 300 orang tewas tiap tahunnya akibat kecelakaan di jalan itu. di Sepanjang jalan itu banyak ditemui salib-salib yang ditancapkan sebagai tanda tempat kendaraan-kendaraan mengalami kecelakaan.
Pada akhir tahun 2006, setelah dibangun selama 20 tahun, sebuah jalan baru by-pass dari daerah La Paz ke Coroico dibuka untuk umum. Jalan baru ini mencirikan konstruksi modern "jembatan, drainase, dll", jalur ganda, trotoar, pagar pengaman dan banyak elemen lain yg membuatnya jauh lebih aman dibandingkan jalan lama. Akibatnya sekarang ini jauh lebih sedikit orang memakai jalan Yungas Utara yg lama, meski justru banyak para petualang bersepeda menikmati sensasi bahaya di sana.









Terowongan Guoliang
Daerah : Cina
Jalan yang berada di pegunungan Taihang ini dibangun oleh penduduk desa setempat. Diperlukan waktu sekitar 5 tahun untuk menyelesaikan terowongan sepanjang 1.200 meter tersebut, dengan tinggi kira-kira 5 meter dan lebar 4 meter. Sejumlah penduduk tewas oleh kecelakaan selama masa pembuatan jembatan tersebut, namun penduduk lainnya dengan tabah tetap melanjutkan bangunan tersebut. Pada tanggal 1 Mei 1977, terowongan itu dibuka untuk lalu lintas, Letaknya di provinsi Hunan, Cina.




 




Jalan Siberia - Yakutsk
Daerah : Rusia
Jalan raya federal Rusia ini jalan yang menghubungkan kota Moskow dengan daerah Yakutsk di mana daerah ini pernah tercatat memiliki suhu terdingin di luar Antartika. Yakutsk adalah sebuah kota terbesar yg pernah dibangun di atas tanah yg selalu beku karena suhu tingginya. Kebanyakan rumah-rumah dibangun diatas balok-balok beton karena tanahnya beku sepanjang waktu. Selama musim dingin kira-kira 10 bulan, berkendaraan ke atau dari kota Yakutsk para pengendara akan menghadapi tantangan salju yang begitu lebat, es dan akan membatasi pandangan para pengendara. Namun kondisi jalan di musim dingin ini bagaikan perjalanan liburan bila dibandingkan dengan kondisinya di bulan Juli dan Agustus ketika hujan musim panas menghantam jalan tak beraspal itu dan itu akan menjadikannya kubangan Lumpur. Karena Jalan tersebut tak bisa diaspal atau diperluas disebabkan tanahnya yang selalu beku. Bisa terjadi ribuan kemacetan lalu lintas di masa seperti itu, dan di saat-saat kemacetan seperti itu, para pengendara dan pemakai jalan lainnya yang terjebak macet, biasanya melewatkan waktu dengan menjarah, berkelahi atau menculik orang-orang yg lewat.
 



Jalan A682
Daerah : Inggris
Jalan A682 ini terletak antara belokan 13 jalan M65 dengan Long Preston, dan jalan ini menjadi terburuk di negara Inggris disebabkan selama 10 tahun terakhir jalan ini telah menyebabkan sedikitnya 100 kecelakaan. Jalan A682 itu berupa satu jalur sepanjang 14 mil membentang dari belokan 13 jalan M65 dekat Nelson, Lanchs, ke long Preston di YorkShire utara. Dalam 3 tahun terakhir, terjadi 22 kecelakaan berat – dua diantaranya memakan korban jiwa. Para ahli menyimpulkan setiap tahunnya terjadi 0.5 kematian untuk setiap 10 mil.Di waktu subuh hari minggu, jalan itu menjadi favorit bagi pengendara sepeda motor.





James Dalton
Daerah : Alaska
Jalan raya bernama James Dalton ini adalah jalan berkerikil sepanjang 414 mil. Dari belokan Livengood di jalan raya Elliot,lurus menuju utara, melintasi tundra kutub sampai ke bagian-bagian paling utara Alaska. Alyeska membangun bagian jalan yg sulit sepanjang 360 mil, sekarang dikenal sebagai jalan raya Dalton, dari sungai Yukon ke Teluk Prudhoe, dengan biaya 150 juta dollar guna memasok fasilitas minyak di dataran utara. Jembatan jalur pipa menyeberangi sungai Yukon sungai ini panjangnya sekitar 1875 mil dan menjadi satu-satunya tempat penyeberangan sungai di daerah Alaska itu.






Stelvio Trollstigen
Daerah : Italia
Stelvio Trollstigen adalah jalan lintas gunung yg tertinggi di Alpen timur dan kedua yg tertinggi di pegunungan Alpen sesudah jalan Col de I’lsevon (2.770m), Jalan lintas Stelvia ini menghubungkan daerah Valtellina dengan lembah Adige atas serta Merano. Letaknya di pegunungan Alpen Italia, dekat Bormio dan Sulden, 75km dari Bolzano, dekat perbatasan dengan Swiss.






Trollstigen
Daerah : Norwegia
Trollstigen atau tangga Troll adalah jalan pegunungan di Rauma, daerah Norwegia. jalan itu merupakan bagian dari jalan nasional Noerwegia no.63 yg menghubungkan daerah Andalsues di Rauma dengan Valldal di Norddal. Jalan ini menjadi daya tarik popular bagi para turis karena terkenal kecuramannya yang 9% dan adanya sebelas tikungan amat tajam yg menanjak di lereng gunung. Makin ke atas jalan makin menyempit dengan belokan-belokan tajam. Meski di tahun-tahun belakangan sudah diperlebar, kendaraan yg panjangnya lebih dari 12.4m dilarang melewati jalan tersebut karena dinilai amat berbahaya.




Jalan Patiopoulo – Perdikaki
Daerah : Yunani
Jalan ini Ini berupa lintasan sempit, kotor dan padat lalu-lintasnya, jalan yang membentang dari Patiopoulo ke Perdikaki di Yunani. Jalannya memiliki tanjakan dan turunan yg curam, berbahaya disebabkan banyaknya lubang besar namun sedikitnya pengaman bagi kendaraan yg melintas di jalan tersebut. Jalannya sempit, serta di kiri dan kanannya langsung berhadapan dengan jurang tanpa ada pagar pengaman atau apapun yg bisa menahan kendaraan jatuh ke bawah. Setiap tahun banyak orang tewas disini. Jalan itu dipakai oleh pejalan kaki, ternak, truk, bus dan mobil. Ini betul-betul jalan yg berbahaya, sebagian besar hanya ada kerikil di permukaannya. Tidak ada garis tanda apapun yg menandai di mana pinggiran jalannya. Malam hari jalan ini semakin berbahaya dan kebanyakan kecelakaan terjadi di malam hari.


Jalan Paling Maut di Dunia Rating: 5 Diposkan Oleh: gbz