Jumat, 02 November 2012

Bentuk - bentuk Geologis yang menakjubkan

Great Blue Hole - Belize
Great Blue Hole adalah lubang runtuhan bawah air di lepas pantai Belize. Lubang itu terletak di dekat pusat Karang Lighthouse, sebuah atol kecil yang berjarak 70 kilometer (43 mil) dari daratan dan Belize City. Lubang dalam bentuk melingkar, lebih dari 300 m (984 kaki) di seluruh dan dalam 124 m (407 kaki).[1] Lubang ini terbentuk selama beberapa peristiwa glasiasi Kuarter ketika permukaan air laut jauh lebih rendah - analisa penemuan stalaktit di Great Blue Hole menunjukkan formasi yang telah terjadi 153.000, 66.000, 60.000, dan 15.000 tahun yang lalu.[2] Sebagai laut yang mulai muncul kembali, gua-guanya tergenang.[3] Great Blue Hole adalah bagian dari Sistem Cagar Karang Penghalang Belize yang lebih besar, sebagai Situs Warisan Dunia Perserikatan Bangsa-Bangsa dalam bidang Pendidikan, Ilmu Pengetahuan dan Kebudayaan PBB (UNESCO)
Sumber : http://id.wikipedia.org






Blue Lake Cave - Brazil
Berada di Wilayah Mato Grosso do Sul di negara Brazil tepatnya di kota Bonito, wilayah ini dengan banyak danau bawah tanah yang begitu mengagumkan diantaranya Gruta do Lago Azul, Gruta do Mimoso, Aquario Natural. Yang begitu terkenal di dunia “Gruta do Lago Azul”  Blue Lake Cave adalah sebuah gua alam yang di bagian dalamnya terbentuk dari batuan stalaktit, stalakmit, dan terdapat sebuah danau biru yang besar yang menakjubkan. Keindahan dari danau ini benar-benar menjadi sesuatu yang mengesankan bagi setiap pengunjungnya. Blue Lake Cave mempunyai keanekaragaman bentuk geologi yang besar tetapi yang paling berkesan adalah air-nya yang berwarna biru tua yang berada di dalam danau tersebut.




The Wave - antara Arizona dan Utah  (USA)
The Wave merupakan bebatuan cadas merah yang begitu memukau yang berada tepat di perbatasan antara Arizona dan Utah. The Wave berasal dari bukit pasir berusia 190 juta tahun yang telah berubah menjadi batu. Formasi yang jarang dikenal ini hanya dapat dicapai dengan berjalan kaki melalui perjalanan sejauh 3 mil dan sedikit hambatan dalam perjalanan tersebut.












Crystal Cave of the Giants - Mexico
Di dasar sebuah tambang di selatan Chihuahua Mexico Ditemukan kristal-kristal yang terbentuk di sebuah gua yang seluruhnya tertutup oleh karang batu. Sebuah geodesi penuh dengan kristal yang mengagumkan yang tingginya setinggi pohon cemara, dan di  sekelilingnya terdapat kristal-kristal yang memiliki warna sebening emas dan perak dengan berbagai rupa dan bentuk yang luar biasa untuk disaksikan.





Antelope Canyon - Arizona (USA)
Antelope Canyon Merupakan sebuah jurang yang terletak di Barat daya Amerika, dimana daerah ini adalah yang paling sering dikunjungi dan diabadikan gambarnya. Lembah Antelope ini bertempat di daratan Navojo dekat dengan Arizona. Ia meliputi 2 bagian lembah terpisah yang begitu indah, masing-masing memiliki nama yang berbeda, Jurang Antelope bagian atas di sebut sebagai “The krack” dan Jurang Antelope bagian bawah disebut “The Corkscrew”.











Hell Gate - Uzbekistan
Orang-orang setempat menyebutnya sebagai pintu menuju neraka, tempat ini terletak di dekat sebuah kota kecil di daerah Darvas di Uzbekistan. Gua besar ini ditemukan Saat para ahli geologi yang melakukan pengeboran gas 35 tahun yang lalu, tiba-tiba mereka menemukan gua bawah tanah yang sangat besar.











Eye of the Sahara - Mauritania
Merupakan Daratan luas yang spektakuler berada di Mauritania, bagian barat-selatan gurun Sahara adalah bentuk limgkaran yang sangat besar dengan diameter 30 mil yang dapat dilihat dari luar angkasa. ini juga Disebut struktur Richat – atau mata sahara  pada awalnya pembentukan ini diperkirakan disebabkan oleh tubrukan batu meteor, namun sekarang ahli geologi mempercayai itu terbentuk hasil dari peninggian tanah dan erosi. Penyebab dari bentuknya yang melingkar hingga saat ini masih merupakan sebuah misteri.










Chocolate Hills - Philippines
Terdiri dari sekitar 1,268 bukit berbentuk kerucut, dengan ukuran hampir sama yang tersebar di area seluas lebih dari 50 km2.  itu Merupakan formasi geologi yang sangat tidak biasa, dinamakan Chocolate Hills (Bukit Cokelat), area ini berlokasi di Bohol-Filipina. Ada beberapa hipotesa yang berhubungan dengan formasi bukit tersebut. Meliputi kerusakan batu kapur yang sederhana, sub-lautan vulkanik, dorongan dari dasar laut dan teori yang baru-baru ini yang mempertahankan prinsip bahwa sebagai gunung berapi aktif, ia dapat memuntahkan balok batu besar yang kemudian muntahan ini terlapisi dengan batu kapur dan didorong dari dasar laut.




Giants Causeway - Ireland
Sebuah daerah yang terdiri atas 40,000 batu vulkanis yang saling berhimpitan, Jalan Lintasan Raksasa ini adalah hasil dari ledakan lava vulkanik purba. Bertempat di timur-utara tepi laut Irlandia Utara, sebagian besar pilarnya berbentuk persegienam, meskipun ada beberapa yang memiliki persegi-4, 5, 7, dan 8 sisi. Yang tertinggi berukuran 12 meter, dan lava yang telah mengeras di tebing bukit setebal 28 meter. Dalam sebuah jajak pendapat 2005 oleh pembaca Radio Times, Jalan Lintasan ini dijuluki sebagai keajaiban alam terhebat ke-empat di Inggris.









Wave Rock - Australia
Wave Rock atau Batu Ombak adalah sebuah formasi batu alami yang berlokasi di Australia Barat. Nama tersebut diperoleh dari kenyataan-nya bahwa ia berbentuk menyerupai ombak laut yang tinggi. Seluruh bagian permukaan nya menutupi beberapa hektar, bagian “ombak” dari batu itu sekitar 15 meter tingginya dan kira-kira 110 meter panjangnya.

Bentuk - bentuk Geologis yang menakjubkan Rating: 5 Diposkan Oleh: gbz