Sabtu, 20 Juli 2013

Misteri Mitos Dan Legenda Dari Afrika

Misteri Mitos Dan Legenda Dari Afrika

Misteri Mitos Dan Legenda Dari Afrika
Afrika merupakan benua terbesar kedua di dunia. Dihuni sekitar satu miliar penduduk, dan lebih dari 1.000 bahasa yang digunakannya, berbagai agama etnis terdapat di dalamnya. Dalam budaya Afrika, sejarah dan kepercayaan dan dijelaskan  melalui tradisi, lisan dan cerita. Banyak narasi yang berhubungan dengan konsep-konsep umum seperti kehidupan setelah kematian atau kelahiran alam semesta, tetapi juga mencakup keyakinan seperti sihir, roh-roh leluhur, makhluk surgawi, dan bermacam-macam legenda yang tidak biasa yang berhubungan dengan hewan penghuni benua tersebut.


Dan berikut ini Beberapa Cerita Dan Mitos dari Afrika yang sebenarnya
 

Huveane 
Misteri Mitos Dan Legenda Dari Afrika
Menurut Legenda Afrika, Huveane adalah manusia pertama yang di ciptakan, dia digambarkan sebagai dewa licik. Basotho dan Bavenda bangsa Lesotho, Menurut cerita di Afrika Selatan, ia adalah pencipta mereka. Setelah penciptaan bumi dan langit, Huveane ingin menikmati kedamaian dan ketenangan dan bangga mengagumi hasil karyanya. sementara manusia yang di ciptakan setelahnya tengah mempelajari Hewan dan tumbuh tumbuhan Huveane naik ke atas langit dengan menggunakan pasak dan memanjat ke atas. Saat ia naik dia melepaskan setiap pasak yang telah dia injak sehingga tidak ada manusia lain untuk dapat mengikutinya.  [http://ramsagiga.blogspot.com]



Kaang
Misteri Mitos Dan Legenda Dari Afrika
Bushmen, yang juga disebut Khoi atau San, adalah nomaden Afrika. Dalam beberapa dekade terakhir,  wilayah mereka pernah membentang dari Cape ke Kenya. Bushmen adalah ahli dalam menemukan air, dan nasihat-nasihat mereka sering dicari karena mimpi prekognitif dan kemampuan pustaka nya.Menurut keyakinan mereka, dewa tertinggi adalah Kaang yang menciptakan dunia, tapi Dia mengirim kematian dan kehancuran setelah mengalami terlalu banyak kemaksiatan dan dosa- dosa besar. Meskipun ia tinggal di langit, tetapi Roh nya terlihat masih berada dalam semua makhluk hidup. Dalam satu cerita istri Kaang melahirkan seekor eland (antelop Afrika). Lalu sang Dewa memelihara dan merawatnya tapi dia dibunuh oleh kedua Kakaknya. Lalu Kaang memerintahkan agar darah eland untuk direbus. Lalu menjadi antelop dan hewan lainnya. Dengan cara ini, Kaang memberikan daging untuk rakyatnya dengan cara di buru. 


Adu Ogyinae
Misteri Mitos Dan Legenda Dari Afrika
Menurut Sebuah Mitos , semua manusia hidup jauh dari dalam bumi. Pada Suatu hari, tujuh orang, lima perempuan, macan tutul, dan anjing merangkak keluar dari lubang yang dibuat oleh seekor cacing besar. Saat mereka Melihat dunia di sekeliling nya, mereka terlihat heran dan takut, tetapi Adu Ogyinae sebagai manusia pertama di permukaan bumi tampaknya mengerti dunia dan keajaiban nya. Dia menenangkan mereka dan memberi mereka kekuatan dengan meletakkan tangan-Nya atas tangan mereka. Adu Ogyinae juga Menjadi seorang Pemimpin dan mengelompok kan orang-orang untuk berkerja. Dia memerintahkan untuk membangun sebuah rumah pertama mereka dengan cara menebang pohon. 


Biloko
Misteri Mitos Dan Legenda Dari Afrika
Biloko adalah Para kurcaci jahat yang diyakini berkeliaran di daerah pedalaman di hutan hujan di pusat Zaire. Menurut legenda, makhluk ini adalah roh leluhur yang gelisah yang masih memendam rasa dendam terhadap manusia. Mereka rajin menjaga hutan dan makhluk hidup penghuni hutan tersebut, pohon berlubang menjadi tempat mereka bersembunyi. Seorang Wanita akan kehilangan kesadarannya saat melihat mereka dan hanya pemburu paling berani memasuki hutan ini yang akan bertahan. Mereka berpenampilan dengan rambut yang sangat mengerikan, cakar yang tajam panjang, dan mulut bergigi tajam dan mulutnya dapat membuka cukup lebar untuk menelan seorang manusia secara utuh, mereka juga memiliki kemampuan untuk menyihir dan memakan semua orang yang berada di bawah mantra mereka. 


The Zambezi River god
Misteri Mitos Dan Legenda Dari Afrika
Legenda Zambezi River God, atau Nyaminyami, adalah makhluk seperti naga yang diyakini yang memerintahkan semua kehidupan di dalam Sungai Zambezi, sistem sungai terbesar keempat di benua itu. Menurut salah satu dongeng, proyek Bendungan Kariba (mulai tahun 1956) menghancurkan kedamaian rakyat Batonga yang tinggal di Zambezi Valley selama ratusan tahun. Bendungan itu Diminta untuk pindah kan,rakyat Batonga yang sangat meyakini bahwa Nyaminyami tidak akan membiarkan bendungan yang akan dibangun. Hampir setahun setelah proyek itu dimulai, banjir yang parah pun melanda, menewaskan beberapa pekerja dan menghancurkan sebagian bendungan yang telah dibangun. selama tiga hari Mayat-mayat para pekerja itu tidak pernah di temukan, Para Pemuka suku setempat menjelaskan bahwa hanya pengorbanan yang akan menenangkan ketidak-senangan Nyaminyami itu. , Seekor anak sapi pun disembelih dan ditempatkan di dalam air sebagai Tumbal. Keesokan harinya, mayat para pekerja  ditemukan di tempatnya. Bendungan ini selesai pada tahun 1977.  [http://ramsagiga.blogspot.com]


The Hippopotamus (Kuda Nil)
Misteri Mitos Dan Legenda Dari Afrika
Kuda nil adalah mamalia Afrika yang luar biasa biasa, dia diceritakan sebagai dewi dalam legenda Afrika. Disembah di Mesir kuno sebagai Tawaret, dewi kesuburan dan melahirkan, ia pada dasarnya dianggap sebagai dewa pelindung dan peduli. 

Di Mozambik, orang-orang Ronga menceritakan legenda seorang ibu yang meninggalkan anaknya pada Ibu Kuda nil untuk menjauhkan nya dari kejahatan karena terancam oleh orang yang iri padanya. Setiap malam, Kuda nil akan muncul dengan membawa anak tersebut untuk di susui oleh Ibu nya.

Di sisi lain Kuda nil Jantan biasanya dilihat sebagai binatang yang berubah bentuk. Menurut legenda Kuda nil jantan sebagai pahlawan Fara, menurut cerita suatu saat ada binatang raksasa yang makan semua tanaman di ladang. Kemudian Pahlawan Fara melemparkan semua tombak dan mengirim anjing hitam untuk menentangnya, tapi binatang rakasa itu terus makan dan hanya bisa ditundukkan dan dibunuh oleh sebuah mantra yang ditempatkan Istri Pahlawan Fara di  atas nya.


Kalunga  (Neraka)
Misteri Mitos Dan Legenda Dari Afrika
Dalam cerita rakyat Angola, patah hati setelah kematian sang Raja, istrinya Muhungu, Kepala Kitamba memerintahkan umat-Nya untuk tidak berbicara atau makan sampai ia bisa dihidupkan kembali. Para kepala suku meminta seorang pria untuk mengambil obat untuk raja dari Kalunga (dunia orang mati). Dukun memerintahkan semua orang desa untuk mencuci diri dengan bumbu diinfus dan tak lama setelah itu, turun ke tanah orang mati dengan anaknya.

Setelah pulang, pria itu segera menemui sang ratu. Dia menunjukkan Kalunga-ngombe, penguasa dunia bawah, dan menjelaskan bahwa ia makan semua orang. Dia juga menunjuk sosok bayangan dalam rantai Jimat Kepala Kitamba, yang ditakdirkan untuk segera mati. Memberinya gelang penguburan sebagai bukti pertemuannya, ratu mengirim dukun kembali, mengatakan kepadanya bahwa kalau ada orang yang masuk Kalunga mereka tidak pernah bisa untuk meninggalkan dan bahwa ia tidak harus makan salah satu makanan atau berbicara tentang kematian yang akan datang Kitamba. Jika tidak, ia dan anaknya berdua akan dipaksa untuk tinggal di dunia bawah. Ketika ia kembali, ia disajikan kepala dengan sebuah gelang,  dia menegaskan bahwa itu memang Muhungu. 


The Magic Of The Rain Lovedu Queens
Misteri Mitos Dan Legenda Dari Afrika

Untuk orang-orang Lovedu dari Mpumalanga, Afrika Selatan, Ratu Hujan adalah bagian mendasar dari budaya dan sejarah mereka. Disebut Mudjadji, dikatakan inkarnasi hidup dewi hujan. ia adalah perwujudan dari hujan, bahkan pikirannya dikatakan bisa mempengaruhi cuaca. The Mudjadji juga diyakini dapat mengirim badai untuk menghancurkan musuh Lovedu atau hujan Kecil untuk memelihara teman-teman mereka. Setiap tahun, kekuasaan Ratu hujan ditampilkan di pemukiman Ga-Modjadji selama upacara Pemanggil Hujan. seorang Ratu diharapkan untuk bunuh diri dengan menggunakan racun pada usia 60 tahun. Pada hari itu, semua bahan untuk keperluan pemanggilan Hujan, benda berharga, dan mantra yang dirahasiakan sepanjang pemerintahannya diserahkan kepada penggantinya.


The Mysterious Queen Of Sheba
Misteri Mitos Dan Legenda Dari Afrika
Kita tahu kalau Ratu Sheba banyak di ceritakan, termasuk dalam kitab Agama Alkitab dan Alquran. Apakah ia seorang Ratu atau permaisuri Ratu, kita tidak tahu. Nama lengkapnya tidak pernah disebutkan, tetapi kebanyakan sarjana percaya kerajaannya mungkin berada di wilayah Ethiopia. Keluarga kerajaan Ethiopia mengklaim sebagai keturunan langsung dari anak yang lahir dari Ratu Sheba dan Raja Salomo. Dalam legenda mereka, ratu bernama Makeda.

Menurut Kebra Negast, bahwa raja mengundang Makeda ke pesta upacara di mana makanan pedas memang sengaja disajikan. saat itu Sang Ratu Ber malam di Istana Raja Salomo karena Ke malaman, Ratu meminta Salomo untuk bersumpah dia tidak akan memaksa mendekati dirinya. Ia mengatakan ia tidak akan mengambil apa-apa dari dia jika dia tidak mengambil apa pun darinya. Sayangnya, saat tengah malam sang Ratu merasa  haus lalu, bangun dari tidurnya, dan mengambil air yang ditempatkan dekat dengan tempat tidurnya. lalu sang Raja muncul, mengingatkan nya janjinya, karena air adalah yang paling terhormat dari semua harta duniawi. Ratu mengambil air dan meminumnya, sehingga Ratu melanggar Janjinya dan sang raja pun terbebas dari janjinya.
[http://ramsagiga.blogspot.com]
Misteri Mitos Dan Legenda Dari Afrika Rating: 5 Diposkan Oleh: gbz